Senin, 15 April 2013

Pengertian Jaringan Komputer Dan Jenis - Jenisnya

Jaringan Komputer adalah sebuah jaringan yang terdiri dari komputer - komputer yang terhubung dengan tujuan untuk berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi. Dalam peranannya jaringan komputer berfungsi sebagai pemberi layanan agar mendapat sebuah tujuan yang diinginkan.

Jaringan Komputer terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan masing - masing fungsinya. dibawah ini adalah jenis - jenis jaringan komputer berdasarkan skala :

1. LAN (Local Area Network)

adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil : seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

2. WAN (Wide Area Network)

adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

3. MAN (Metropolitan Area Network)
adalah jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.

Dan jenis - jenis jaringan komputer berdasarkan media transmisi (media penghantar) dibagi menjadi 3
Menggunakan Kabel
Menggunakan Gelombang Elektromagnetik (wireless)
Menggunakan Satelit

1. Jaringan komputer menggunakan kabel :
adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi (media penghantar) untuk melakukan suatu tujuan tertentu, seperti : berbagi sumber daya dan berkomunikasi.

Jenis kabel yang sering digunakan dalam jaringan komputer antara lain :
a. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

b. Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

c. Kabel Coaxial

d. Kabel Fiber Optic


2. Jaringan komputer menggunakan gelombang elektromagnetik (wireless) :
adalah jaringan komputer yang menggunakan gelombang elektromagnetik (wireless) sebagai media transmisi (media penghantar) untuk melakukan kegiatan yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan menggunakan kabel. seperti : berkomunikasi dalam mobil

3. Jaringan komputer menggunakan satelit :
adalah jaringan komputer yang menggunakan satelit sebagai media transmisi (media penghantar) dengan cara mengirim sinyal dari komputer dan direlay oleh satelit tanpa dilakukan pemrosesan dalam satelit



Tidak ada komentar:

Posting Komentar